+ -

Pages

Senin, 18 Juni 2012

SEJARAH REIKI (TENAGA DALAM DARI JEPANG

Banyak sekali versi tentang bagaimana reiki di dapat dan dibentuk oleh penemunya yaitu sensei Mikao Usui. Versi sensei Hiroshi Doi mungkin adalah versi yang paling dekat dengan kebenaran, karena beliau adalah anggota dari Reiki Ryoho Gakkai, sebuah perkumpulan reiki di Jepang yang sampai sekarang memegang teguh tradisi dari sensei Mikao Usui. Sensei Mikao Usui lahir pada tanggal 15 Agustus 1865 di desa Taniai, Yamagata-gun, bagian dari Gifu(sekarang Miyama-cho, Gifu). Beliau pada masa mudanya pernah belajar di Eropa dan U.S.A untuk mempelajari sejarah, pengobatan, agama, psychology dan shinsen jutsu.
Reiki didapat oleh sensei Usui ketika beliau bermeditasi dan berpuasa selama 21 hari berturut-turut di gunung Kurama. Pada hari terakhir beliau bermeditasi, beliau sadar akan keberadaan reiki di alam semesta dan pencarian beliau dalam meditasi dan puasa terselesaikan. Akan tetapi sensei Usui belum menyadari kemampuan penyembuhan dari reiki sendiri sampai beliau turun gunung dan mengalami luka yang ternyata setelah di sentuh tangan beliau sembuh.
Adanya fenomena tersebut membuat sensei Usui ingin membagi dan menurunkannya dengan orang lain. Oleh karena itu di bentuklah Reiki Ryoho Gakkai (perkumpulan reiki) pada tahun 1922 di Aoyama, Tokyo. Pada tahun 1925, beliau meninggal dunia dalam perjalanan untuk memberikan terapi reiki. Sebelum meninggal sensei Usui telah menurunkan reiki kepada lebih dari 2000 orang, yang mana 21 orang dari mereka telah mencapai tingkat master dan dapat menurunkannya kepada orang lain.
Untuk mempermudah masyarakat awam memahami tradisi reiki Jepang, maka Sensei Hiroshi Doi menggabungkan teknik barat dengan tradisi reiki Jepang. Penggabungan ini dimaksudkan untuk menjembatani teknik reiki Jepang yang sarat meditasi dan teknik reiki barat yang praktis. Hal ini terwujud dalam penggunaan simbol-simbol, yang mana tradisi reiki Jepang tidak menggunakan simbol sama sekali dalam praktiknya.
Hasil dari penggabungan tersebut disebut GENDAI REIKI HO atau metode reiki modern. Didalam GENDAI REIKI HO, tidak ada proses attunement jarak jauh, karena dipandang tidak dapat mentransmisikan pesan moral Sensei Usui walaupun memungkinkan secara energi.

SOURCE : http://husadareiki.wordpress.com/sejarah-reiki/
5 Stupiduty: SEJARAH REIKI (TENAGA DALAM DARI JEPANG Banyak sekali versi tentang bagaimana reiki di dapat dan dibentuk oleh penemunya yaitu sensei Mikao Usui. Versi sensei Hiroshi Doi mungkin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >