+ -

Pages

Selasa, 01 November 2011

Festival di Jepang


Budaya Jepang kaya akan budayanya dan menarik menarik loh, mau tau apa aja ?yuk simak artikel saya ini

1. Matsuri (祭, Matsuri) adalah kata dalam bahasa Jepang yang menurut pengertian agama Shinto berarti ritual yang dipersembahkan untuk Kami, sedangkan menurut pengertian sekularisme berarti festival, perayaan atau hari libur perayaan. Matsuri berasal dari kata matsuru (祀る, menyembah, memuja).
2.  Tanabata adalah perayaan yang berkaitan dengan musim di Jepang, terutama di kota Sendai dengan festival Sendai Tanabata. Tanabata disebut juga Festival Bintang, perayaan Tanabata dimulai setelah perang dunia II untuk menggairahkan ekonomi di Jepang. Tanabata dimulai pada malam ke-6 bulan ke-7.
3.  Setsubun itu istilah unuk merayakan pergantian musim pada hari pertama musim. Dalam satu tahun terdapat 4 kali hari pertama setiap musim: risshun, rikka, rishuu, dan rittou.
  
4. Hari Anak-anak (こどもの日 Kodomo no hi) adalah salah satu hari libur resmi di Jepang yang jatuh tanggal 5 Mei. Hari libur ini merupakan serangkaian hari libur di akhir April dan awal Mei yang disebut Golden Week (Minggu Emas) di Jepang.

5. Aoi Matsuri (葵祭) adalah matsuri yang dilangsungkan setahun sekali pada bulan Mei di Kyoto, Jepang. Puncak perayaan adalah prosesi Rotō no gi (upacara di jalan) yang berlangsung 15 Mei di dalam kota Kyoto. Aoi Matsuri adalah salah satu dari tiga perayaan terbesar di Kyoto bersama-sama dengan Gion Matsuri dan Jidai Matsuri.

6. Tari Awa (阿波踊り Awa Odori?) adalah tari asal Provinsi Awa (Prefektur Tokushima), Jepang yang ditarikan secara beramai-ramai di berbagai kota dan desa di Prefektur Tokushima untuk menyambut perayaan Obon. Setiap tahun tanggal 12-15 Agustus, tari Awa dilangsungkan di tengah kota Tokushima.

7. Festival Yosakoi (よさこい祭り Yasakoi Matsuri) adalah festival tari Yosakoi yang diadakan setiap tahunnya di kota Kochi, Prefektur Kochi pada 9 Agustus hingga 12 Agustus. Festival berlangsung selama 4 hari, dan berpuncak pada pentas utama 10 Agustus dan 11 Agustus. Malam sebelum pentas utama (9 Agustus) dimeriahkan oleh pesta kembang api, dan 12 Agustus adalah hari kompetisi nasional.

yaak sekian dulu matsurinya, sebenernya masih banyak sih, kalo pengen tau lebih ini linknya.
Semoga bermanfaat ya minaa san :)

5 Stupiduty: Festival di Jepang Budaya Jepang kaya akan budayanya dan menarik menarik loh, mau tau apa aja ?yuk simak artikel saya ini 1. Matsuri (祭, Matsuri) adalah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >